" Ya Allah, muliakan & sayangilah saudaraku ini, bahagiakan keluarganya, berkahi rizkinya, kuatkan imannya. Berikanlah kenikmatan ibadahnya, jauhkan dari segala fitnah. amiin. "

Sabtu, 06 Februari 2016

7 Tips Sederhana Tingkatkan Kecerdasan Otak dan Daya Ingat

Kemampuan otak setiap orang berbeda-beda, khususnya dalam hal mempelajari sesuatu dan daya mengingat mereka. Kemampuan tersebut bukanlah hal yang tidak bisa berubah, seseorang bisa mengalami penurunan kemampuan otak karena beberapa sebab yang membuat sel-sel menjadi pasif atau mati.
Namun begitu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kembali kemampuan otak, termasuk daya ingat agar dapat bekerja secara maksimal. Berikut beberapa diantaranya:

1. Kurangi menonton TV
Saat kita menonton TV, otak kita dalam keadaan netral, hal itu membuat otak menjadi pasif dan dampak buruknya dapat menurunkan kemampuan kognitif otak. Tentu saja anda tidak menginginkannya bukan?.

2. Tertawa 
Ada studi yang membuktikan bahwa seorang koresponden  menjadi waspada,aktif, tertarik dan bersemangat setelah menonton komedi. Hal ini membuktikan bahwa humor bukanlah hal yang mengganggu namun sangat berguna untuk kinerja otak.

3. Mempelajari hal baru
Otak manusia mengalami perubahan ketika mereka mempelajari hal-hal baru. Dan hal baru tidaklah harus hal-hal yang sulit, anda bisa memulai dengan mempelajari bahasa baru, belajar menari, alat musik baru dan yang lainnya. Hal ini juga akan membuat anda memilki keahlian baru selain memperkuat kemampuan otak anda.

4. Berolahraga 
Olahraga memilki banyak manfaat, selain menyehatkan badan, kemampuan otak anda akan menigkat, meningkatkan kemampuan kognitif dan mengurangi resiko pikun atau demensia. Jadi sekarang and akan memilki banyak motivasi untuk memulai olahraga rutin.

5. Jaga asupan otak
Jika anda penyuka makanan manis, anda sebaiknya mulai berfikir untuk menguranginya. Konsumsi gula yang berlebih bisa menurunkan kinerja otak karena produksi insulin. Sebaliknya anda bisa mengonsumsi makanan yang baik untuk otak seperti ikan, buah-buahan, sayuran dan jangan lupa coklat hitam. Coklat cukup membantu dalam produksi dopamine yang membantu anda belajar lebih cepat dan daya ingat yang kuat.

6. Main game otak
Banyak aplikasi peningkat kemampuan otak yang tersedia di toko aplikasi, anda bisa memainkannya dan membantu peningkatan kemampuan otak anda. Mungkin ketika kita menyinggung tentang pelatihan otak yang pertama terlintas adalah teka-teki silang, namun menurut penelitian akhir-akhir ini membuktikan bahwa puzzel tidak terlalu memberikan dampak selain bersenang-senang.

7. Gunakan daya ingat secara maksimal
Terkadang hal-hal kecil bisa sangat membantu anda dalam meningkatkan daya ingat. Anda sering bertemu dengan teman baru atau orang baru, dan mereka menyebutkan nama, kita sering melupakannya. Jika anda membiasakan untuk menyebut kembali nama mereka dalam perkenalan, meski simpel tapi anda sedang membangun kemampuan memori anda.

Sumber :  viva.co.id

Anda sedang membaca Artikel 7 Tips Sederhana Tingkatkan Kecerdasan Otak dan Daya Ingat Anda juga bisa menemukan Artikel Ini melaui URL berikut http://7e55.blogspot.com/2016/02/7-tips-sederhana-tingkatkan-kecerdasan.html, Silahkan Copy Paste Artikel tersebut, namun jangan lupa untuk mencantumkan 7 Tips Sederhana Tingkatkan Kecerdasan Otak dan Daya Ingat sumbernya

Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

Pengunjung yang bijak : selalu meninggalkan komentar yang sopan dan tidak mengandung unsur sara ! Dengan hormat kami mohon anda untuk meninggal kan komentar untuk kami, Terimakasih.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...